Wednesday 4 September 2024

Belajar Sepanjang Hayat

Dulu aku merasa belajar itu beban. Aku memang suka sesuatu yg baru tapi yaudah sebatas tahu aja. Pikirku yang penting mah jadi orang baik aja, pinter nggak itu kan relatif 😂 (pasrah amat yak)

Sampai suatu hari aku tahu bahwa otak yang ga terus diasah untuk berpikir akan mudah terkena demensia. Sejak saat itu aku ingin terus belajar sesuatu dengan sepenuh hati. Semua hal harus aku pelajari sampai aku mengerti. Dari satu hal ke hal lain.

Jujur aku takut banget suatu saat nanti ketika usiaku bertambah dan aku menua, ingatanku juga perlahan hilang. Aku ga bisa bayangin aku kehilangan ingatan tentang perasaan mencintai dan dicintai. Aku takut ga ingat sama anak-anakku, suamiku, orang tuaku, keluargaku, sahabatku, juga semua orang yang pernah baik sama aku. Aku takut aku ga ingat semua hal yang aku pelajari sehingga aku ga bisa membantu sekitarku lagi, aku takut ga bisa memberikan manfaat lebih pada sekitarku, aku takut ga bisa membagikan ilmuku.

Ya Allah jagalah aku, keluargaku, sahabat-sahabatku, dan ingatanku.


Selamat belajar, Aku. Jangan berhenti.

Boalemo, 4 September 2024


No comments:

Post a Comment

Belajar Sepanjang Hayat

Dulu aku merasa belajar itu beban. Aku memang suka sesuatu yg baru tapi yaudah sebatas tahu aja. Pikirku yang penting mah jadi orang baik aj...