Monday 12 June 2023

Pertolongan Allah

Allah memberi kita cobaan untuk menguji apakah kita termasuk orang yang beriman. Ujian berupa kesusahan untuk menguji apakah kita bersabar atau lantas berputus asa dari rahmatNya. Ujian berupa kenikmatan untuk menguji apakah kita bersyukur atau lantas merasa ini semua adalah buah kerja keras kita semata dan lupa bahwa semua adalah karunia-Nya.

Maka panjatkanlah apapun kepada Allah. Saat kita senang ceritakanlah rasa syukur kita, bahagia kita, rasa terima kasih kita kepada Allah. Dan jangan ragu untuk menceritakan tentang rasa sedih, gundah, putus asa, pasrah, bahkan saat kita kehabisan kata-kata dan hanya air mata yang sanggup kita tuangkan di atas sajadah.

Semoga kita senantiasa mengingat Allah kala suka dan duka menghampiri hidup kita. Karena sesungguhnya Allah itu dekat dan pertolongan Allah itu dekat. Kitalah yang seringkali menjauh dari-Nya. Tapi sejauh apapun itu jangan menyerah untuk kembali kepada Allah. Yakinlah Allah akan memberikan pertolongan kepada kita.

_______________________________________


Kepada siapa aku harus meminta pertolongan?

Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.

-Surat Al-Fatihah, Ayat 5

Musa berkata kepada kaumnya, “Mohonlah pertolongan kepada Allah dan bersabarlah. Sesungguhnya bumi (ini) milik Allah; diwariskan-Nya kepada siapa saja yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dan kesudahan (yang baik) adalah bagi orang-orang yang bertakwa.”

-Surat Al-A'raf, Ayat 128


Kenapa aku harus meminta pertolongan kepada Allah?

Jika Allah menolong kamu, maka tidak ada yang dapat mengalahkan kamu, tetapi jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapa yang dapat menolong kamu setelah itu? Karena itu, hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal.

-Surat Ali 'Imran, Ayat 160


Bagaimana caranya aku meminta pertolongan kepada Allah?

Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.

-Surat Al-Baqarah, Ayat 153


Kapan pertolongan Allah datang?

Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, "Kapankah datang pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.

-Surat Al-Baqarah, Ayat 214


Sedekat itukah? Apakah kita benar-benar akan diberi pertolongan oleh Allah?

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekatAku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.

-Surat Al-Baqarah, Ayat 186

Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu.....”

-Surat Ghafir, Ayat 60


Lalu bagaimana caranya agar kita bisa dekat dengan Allah dan merasakan pertolongan itu?

Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.

-Surat Al-Baqarah, Ayat 152

Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.

-Surat Al-A'raf, Ayat 56


No comments:

Post a Comment

Hidup Adalah Seni Menjadi Stranger (Sebuah Perjalanan Mengenal Career Class)

Saat aku udah mulai stuck , biasanya aku akan "berkelana" menjadi stranger. Masuk ke lingkungan yang benar-benar baru, nggak ada t...