Posts

Hambatan di Perjalanan

Image
kemarin saya hendak pergi ke luar kota, senang sekali karena perjalanan akan semakin mudah dengan adanya jalan tol. saya pikir akan sampai di tempat tujuan tepat waktu, tanpa hambatan. tapi ternyata dalam perjalanan tak selalu kita temui jalan yang mulus. bahkan terkadang di jalan mulus pun bukan berarti tanpa rintangan. saat saya keluar tol, lewat jalan beraspal, tiba-tiba ada pohon jatuh misalnya.
sama seperti kita menjalani kehidupan. tak selamanya hidup kita mudah. bahkan di saat semua terlihat mudah pun ada saja hambatannya. misal ketika saling mencintai tapi tak ada restu, atau mau datang tes pekerjaan tapi salah tempat, atau punya semua fasilitas hidup yang memadai tapi belum bahagia. semua hal itu pernah terjadi pada kita atau pada orang di sekitar kita.
ternyata bukan kemudahan yang membuat kita mampu bertahan di tengah kehidupan. tapi kemampuan untuk tidak terlena ketika diberi nikmat dan kemampuan untuk tidak putus asa ketika diberi cobaan.
semua punya jalan dan waktunya. …

Qadar Terindah

harus syukur, tetap syukur meskipun banyak kerikil ditengah perjalanan, meskipun melalui jalan yang terjal. nikmati saja proses perjalanannya, hindari melihat sempitnya jalan dan alihkan pandangan kita dengan melihat indahnya pemandangan. karena sebenarnya kita sedang menuju tempat terindah, qadar yang terindah.. percayalah, akan ada waktunya :)

Kesibukan Dunia

Apakah kesibukan dunia menjauhkan kita dari Allah?Janganlah kesibukan kita membuat kita kerap melalaikan bahkan melewatkan kewajiban kita terhadap AllahSemakin sibuk, semakin lalai kita menunaikan sholat bahkan meninggalkannya... Semakin sibuk, semakin jauh dari Al Qur'an, semakin jarang membacanya, apalagi menghafalkannya...Semakin sibuk dengan aktifitas disiang hari, membuat kita lelah dan enggan untuk bangun dan bersujud disepertiga malam...Semakin sibuk, semakin malas dan lalai untuk melakukan puasa sunnah...Semakin sibuk, semakin jarang lidah untuk berdzikir...Semakin sibuk, semakin renggang hubungan dengan saudara, sahabat, tetangga dan kerabat...Ingat..
Semakin kita mengejar kesibukan dunia, semakin ingin kita memilikinya...Tanda-tanda iman ditarik dari hati (ditutup pintu hatinya) ialah Allah akan sibukkan dirinya dengan urusan dunia...Adakah sibuk kita mendekatkan diri kita dengan Allah?
Atau bahkan semakin menjauh?Semoga aktivitas dan kesibukan kita tidak menjauhkan hati…

Berbuat Baik

teruslah berbuat baik. meskipun tidak ada yang tahu tidak ada yang melihat tidak ada yang membalas
berbuat baiklah karena Allah Ta'ala bukan agar ada orang yang tahu bukan agar ada orang yang melihat apalagi agar ada yang membalas
kalaupun kebaikan kita itu belum berujung dengan sesuatu yang baik setidaknya kita telah berubah menjadi orang yang lebih baik
kita tidak pernah tahu pada episode ke berapa kita mengakhiri perjalanan. dengan terus berusaha berbuat baik semoga saat episode kita berakhir nanti pun kita mengakhirinya di dalam kebaikan
Mari ber'fastabiqul khoirot' dimanapun kita berada
Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (QS. Al Zalzalah: 7-8)
Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) p…

100% dalam Rumah Tangga

Suatu hari di grup whatsapp dalam circleku, seseorang mengeluhkan kehidupan pernikahannya yang selalu terulang masalah yang sama. Dia bertanya-tanya kenapa ya hal itu ga pernah terselesaikan, seakan menyita waktu dan pikirannya. Kenapa pasangannya tak mau memahami dirinya.
--------------- ---------------
Dalam memandang hal tersebut, aku berpikir bahwa kadang kita harus merubah cara pandang kita terhadap sesuatu agar masalah yang ada bukan memperburuk keadaan diri kita, tapi malah menjadi fase kita berproses menjadi seseorang yang lebih baik.
Kalo kata ustadz , setiap orang hidup pasti punya cobaan, cobaannya beda beda, ada yang dicoba di hubungan sama orang tuanya, hubungan sama saudaranya, ada yang dicoba di hubungan sama suami/istrinya, ada yang dicoba di jodohnya, kesehatannya, karirnya, sekolahnya, lingkungannya, dll. Dan biasanya cobaannya itu di hal yang paling dia cinta dan dia jaga. Maryam yang sangat menjaga kesuciannya dicoba dengan tiba-tiba punya anak tanpa suami, Ibrahi…

Menjemput Cinta

Suatu hari, ga ada angin, ga ada hujan, teman saya menghubungi dan bertanya perihal jodoh. Katanya, dulu saya pernah mengatakan begini, "jodoh itu ga usah dicari, nanti dateng sendiri" Kemudian berlanjutlah kita ngobrol via chat, dan begini kurang lebih hasil diskusi kami: 

Dalam hidup ini, kita jangan sekedar percaya sama Allah, tapi juga mempercayakan seluruh hidup kita sama Allah. Dalam hal apapun, termasuk jodoh. Jodoh kita udah tertulis bahkan sebelum kita lahir. Tapi ada perasaan ragu dalam hati, kok aku masih sendiri, jodohku siapa ya... Rasa khawatir itu wajar sih asalkan tidak berlebihan, akan lebih baik jika rasa khawatir itu adalah khawatir pada kualitas diri kita, misalnya di umur aku yang sekarang, hidupku udah ngapain aja ya, baktiku sama orgtua udah sejauh apa ya, solatku puasaku apa samaua udah maksimal atau cuma formalitas, kalo besok aku udah ga ada gimana ya, apa yang akan orang ingat dari aku, atau bahkan dengan mudah aku dilupakan begitu aja ya, dll, ja…

Merasa Cukup

Sering dengar ga sih kadang kita terbiasa mensyukuri sesuatu karna membandingkan dengan yang lebih buruk. Padahal membandingkan diri dengan kisah/nasib/keadaan orang lain tak akan membuat hidup kita jadi lebih baik, justru menunjukkan ketidakmampuan kita memahami dan menerima diri kita sendiri.Setiap orang punya garis hidupnya masing-masing kan. Jadi tidak perlu membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain hanya untuk bisa bersyukur. Bersyukur itu bukan karna kita lebih baik dari yang lain tapi bersyukur karna kita menjadi lebih baik dari diri kita yang kemarin.Dulu kita semua sama. Seorang bayi mungil yang tak tau apa apa, yang tak bisa mengutarakan apa apa, dan yang tak bisa beranjak sendiri kemana mana.Sekarang ketika telah tumbuh menjadi seorang dewasa yang bebas bergerak dan berkehendak, ada rasa bangga seolah apa yang didapat sekarang adalah jerih payah sendiri, ada rasa "aman" karena memandang hidup kita (masih) lebih baik dari hidup orang lain dan dengan mudahnya…