Thursday 7 September 2023

You Only Live Once (?)

Kita sering terlena dengan dunia karena berpikir bahwa kita hidup cuma sekali, "you only live once" katanya. Padahal sebenarnya hidup itu nggak cuma sekali lho. Justru matilah yang cuma sekali.

Tahu nggak, berdasarkan info yg aku kutip dari katadata, penduduk Indonesia memiliki angka harapan hidup yang tergolong rendah dibanding negara-negara tetangga. Hal ini terlihat dari data World Population Prospects: The 2022 Revision yang dirilis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Berdasarkan data PBB, pada 1960 median angka harapan hidup saat lahir di Indonesia adalah 46,45 tahun. Kemudian angkanya terus membaik, hingga pada 2022 mediannya mencapai 68,25 tahun.

Tuh kan ga sampai 70 tahun. Coba kita bayangkan berapa banyak manusia yang sudah meninggal dunia puluhan atau ratusan tahun yang lalu padahal usia paling ga sampai 100 tahun. Jadi lebih lama mana waktunya, lebih lama kita menjalani hidup atau kita menjalani kematian?

Suatu saat nanti pada waktunya Allah akan membangkitkan kita semua setelah kita semua sudah meninggal. Kita dihidupkan kembali untuk mempertanggungjawabkan semuanya. Sampai akhirnya kita akan menjalani hidup yang kekal yaitu di surga atau di neraka. Dan di sinilah, dunia, tempat kita mengumpulkan bekal sebelum ke sana.

Cita-cita, keinginan, harapan, dan impian kita untuk memiliki banyak hal dunia ini begitu panjang. Tapi waktu kita belum tentu panjang. Jangan lelah untuk terus memohon hidayah-Nya di sepanjang hidup kita.

Kalau orang yang mengejar dunia aja bisa begitu semangat karena menganggap hidup cuma sekali dan sebentar, seharusnya orang yang mengejar akhirat jauh lebih semangat lagi karena tahu mati cuma sekali dan tidak akan sebentar. You (not) only live once! Tidak ada pilihan untuk "coba lagi" nanti. Kalau udah meninggal kita udah nggak bisa memperbaiki semuanya.

Ya Allah semoga hidup (di dunia) yang cuma sekali ini akan berakhir dengan indah sekali.
Pasti iri kan kalau lihat ada orang yang baru sholat, baru ngaji, baru berdakwah, baru melakukan kebaikan tiba-tiba meninggal dunia? Bayangkan betapa bahagianya nanti kalau akhir hidup kita adalah ucapan "Laa ilaaha illallah" Kemudian kita akan disambut dengan lembut...


{ یَـٰۤأَیَّتُهَا ٱلنَّفۡسُ ٱلۡمُطۡمَىِٕنَّةُ }
{ ٱرۡجِعِیۤ إِلَىٰ رَبِّكِ رَاضِیَةࣰ مَّرۡضِیَّةࣰ }
{ فَٱدۡخُلِی فِی عِبَـٰدِی }
{ وَٱدۡخُلِی جَنَّتِی }
[Surat Al-Fajr: 27-30]


wahai jiwa yang tenang..kembalilah kepada Tuhanmu dengan ridho dan diridhoi-Nya. Maka masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku”.


Bayangkan betapa indahnya :""""'')


___________________________________________

Dunia hanyalah kesenangan yang sementara
QS.13:26, QS.3:197, QS.39:8
Surga adalah kesenangan yang abadi bagi orang beriman
QS.13:29, QS.11:23, QS.10:9


No comments:

Post a Comment

Hidup Adalah Seni Menjadi Stranger (Sebuah Perjalanan Mengenal Career Class)

Saat aku udah mulai stuck , biasanya aku akan "berkelana" menjadi stranger. Masuk ke lingkungan yang benar-benar baru, nggak ada t...