Sunday 19 February 2017

Sekilas mengenal Kelas Inspirasi

Kelas Inspirasi adalah sebuah kegiatan yang mempertemukan para profesional dengan murid sekolah dasar untuk memperkenalkan profesi masing-masing dengan cara yang mudah dipahami, dengan tujuan memberikan inspirasi pada anak-anak mengenai betapa luasnya profesi yang dapat digeluti di masa depan. Mungkin kelas inspirasi bisa menjadi sebuah pencerahan bagi anak-anak supaya anak-anak punya gambaran yang luas, bahwa pekerjaan itu tidak hanya seputar dokter, guru, atau pilot, sebagaimana cita-cita populer di dunia anak-anak , seperti ketika saya masih kecil. pengalaman pribadi hehe. Di sisi lain, misi utama Kelas Inspirasi adalah mengajak anak-anak untuk berani bermimpi, berani memiliki sebuah keinginan meraih cita-citanya sejak kecil.

Dalam Kelas Inspirasi ada beberapa pihak yang menjadi bagian di dalamnya.
1. Panitia Lokasi (Panlok)
    Kelas Inspirasi ada di berbagai Kabupaten/Kota. Nah, panlok di sini semacam penggagas, atau penanggungjawab di  setiap kab/kotanya. Panlok lah yang menyusun kegiatan dari awal, seperti membentuk panitia, mencari ketua pelaksana, dsb.
2. Fasilitator (Fasil)
    Fasil adalah semacam Liaison Officer (LO). Fasil yang menjadi perpanjangan tangan dari Panlok untuk berhubungan langsung dengan relawan pengajar, relawan dokumentator, dan juga pihak sekolah yang akan menjadi tempat dilaksanakannya KI. Fasil yang mendampingi relawan di setiap SD dari setelah recruitment, briefing, hingga Hari Inspirasi
3. Relawan Pengajar
    Relawan Pengajar adalah relawan yang menjadi pengajar pada Hari Inspirasi. Sebagai pengajar, berarti relawan tersebut adalah orang yang telah menjalani sebuah profesi minimal 2 tahun, dan tentunya rela untuk mengambil cuti pada hari inspirasi, Kenapa harus cuti? karena hari inspirasi selalu dilaksanakan pada jam belajar sekolah, it means dilaksanakan pada weekday yang tentunya adalah pada jam kerja. Rela mengambil cuti inilah yang menjadi salah satu kekaguman saya pada para relawan pengajar di setiap Kelas Inspirasi. So sweet ya.
4. Relawan Dokumentator
    Reldok adalah relawan yang khusus punya tugas mengabadikan hari inspirasi. Reldok ada dua macam, yaitu fotografer dan videografer. Karya mereka inilah yang menjadi salah satu jalan bagaimana membuat banyak orang jadi tertarik mengikuti Kelas Inspirasi karena foto-foto dan videonya yang sangat menarik.
 

Saya mengetahui Kelas Inspirasi pertama kali dari instagram, dua tahun yang lalu. Ketika itu  melihat beberapa galeri dari Kelas Inspirasi Yogyakarta sepertinya seru dan menyenangkan. Tapi sayangnya ternyata Kelas Inspirasi memang hanya dilaksanakan setahun sekali, jadi saya sudah ketinggalan 'kloter' ketika itu. Kemudian saya mencoba mencari di kota lain, dan ternyata Klaten ketika itu kebetulan sekali sedang Open Recruitment relawan. Maka saat itulah langkah awal saya jatuh cinta dengan Kelas Inspirasi.

Kelas Inspirasi ini menarik banget untuk diikuti, sekali mencoba sepertinya akan ketagihan. hehe. Yuk cek di kabupaten/kota terdekat siapa tahu sedang buka oprec relawan. Semangat dan selamat berbagi :)


No comments:

Post a Comment

Hidup Adalah Seni Menjadi Stranger (Sebuah Perjalanan Mengenal Career Class)

Saat aku udah mulai stuck , biasanya aku akan "berkelana" menjadi stranger. Masuk ke lingkungan yang benar-benar baru, nggak ada t...